Senin, 22 November 2010

NAMA-NAMA POSISI PEMAIN SEPAKBOLA

Secara umum kita semua tahu bahwa sepakbola dimainkan oleh 11 orang dan ada posisi pemain sepak bola yang selama ini selalu kita dengar seperti kiper, striker, pemain sayap atau bek. Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya posisi pemain dalam permainan sepakbola lebih kompleks dari itu?
Ada posisi pemain sepakbola yang mengharuskan dia mengerjakan tugas tertentu, ada posisi yang membuat pemain memiliki tanggungjawab pada sisi lapangan tertentu, ada posisi yang membuat pemain harus mengikuti lawan kemanapun juga, dan lain-lain.
Secara umum, pemain yang turun ke lapangan dibekali tugas-tugas itu, hanya saja memang kondisi di lapangan yang nantinya akan lebih menentukan apakah konsep permainan tadi akan berguna atau tidak. Bila ditinjau dari posisinya, lapangan permainan sepakbola dibagi tiga garis yaitu garis belakang, garis tengah dan garis depan. Dalam ketiga garis itu terdapat posisi-posisi sebagai berikut

Penjaga Gawang (Goal Keeper)
Kiper termasuk pemain yang bergerak di garis belakang, tidak ada tugas khusus dari kiper kecuali sebagai palang pintu terakhir dari gawang. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Iker Cassilas, Gianluigi Buffon, dan Edwin Van Der Sar

Bek (Centre Back)
Berada di garis belakang, biasanya posisi ini berada tepat di depan kiper, yang menjalankan posisi ini bisa dua atau tiga orang sesuai formasi tim. Dalam permainan, posisi ini bisa divariasikan menjadi Ball Playing Defender, Sweeper, Libero, atau Limited Defender. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Nemanja Vidic, Rio Ferdinand dan Charles Puyol

Bek Sayap (Wing Back)
Berada di garis belakang, wing back berposisi di bagian kanan atau kiri luar lapangan. Tugasnya adalah membantu penyerangan lewat sayap dan cepat kembali ke posisi semula bila tim sedang diserang. Oleh karena itu kita sering melihat seorang wing back ikut berada di dekat gawang lawan dalam skema penyerangan. Dalam kondisi tertentu, posisi ini bisa divariasikan menjadi full back. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Ashley Cole, Javier Zanetti, dan Daniel Alves

Gelandang Bertahan (Defensive Midfielder)
Posisi ini terhitung unik karena berada di antara garis belakang dan garis tengah. Tugas pemain di posisi ini adalah penyeimbang kedua lini, penahan bola pertama kali saat tim diserang (sebelum bola tiba di bek), sekaligus perusak skema serangan lawan. Dalam situasi tertentu pemain ini kadang diplot menjadi playmaker (deep-lying playmaker). Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Carlos Dunga, dan Genaro Gatusso.
Pemain Tengah (Central Midfielder)
Pemain ini beroperasi di garis tengah, yang menjalankan posisi ini bisa dua atau tiga orang sesuai formasi tim. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Box To Box Midfielder dan Advanced Playmaker. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Xavi Hernandez, Stephen Gerrard dan Cesc Fabregas.

Pemain Sayap (Winger)
Hampir seperti wingback tadi, winger berposisi di bagian kanan atau kiri luar lapangan hanya winger lebih beroperasi di garis tengah. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Wide Midfielder atau Defensive Winger. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: David Beckham dan Franck Ribery.
Gelandang Serang (Attacking Midfielder)
Posisi ini berada di antara garis tengah dan garis depan. Pemain yang berada di posisi ini memiliki tugas menyuplai bola kepada striker sekaligus membantu kinerja pemain di lini tengah. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Inside Forward dan Trequartista. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Alesandro Del Piero, Kaka, dan Ronaldinho.

Penyerang (Striker)
Pemain ini bertugas di garis depan. Tugas utamanya adalah mencetak gol, meskipun dia tidak dilarang untuk membantu pertahanan atau garis tengah. Dalam situasi tertentu posisi ini bisa divariasikan menjadi Poacher, Target Man, Advanced Forward, Deep Lying Forward, Complete Forward, atau Defensive Forward. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Wayne Rooney, Zlatan Ibrahimovic, atau Fernando Torres.

6 komentar:

  1. Menambah pengetahuan gaan, thanks

    BalasHapus
  2. makasih infonya ini sangat membantu saya :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. wahh saya jd tau skrg,maksihhh atas infonya...

    BalasHapus
  5. Walah, ternyata posisi dalam permainan sepak bola itu banyak juga ya... baru tau ane. Kirain kiper, bek, gelandang, sama striker doang.

    BalasHapus